Categories
Kewirausahaan

Teknik dan Strategi Pemasaran

Definisi Teknik Pemasaran

Teknik pemasaran merupakan suatu metode untuk mempromosikan produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan dengan strategi-strategi yang terbaik untuk memperoleh keuntungan. Dengan adanya teknik ini diharapkan dapat membuat konsumen lebih tertarik.

Sederhananya, teknik pemasaran adalah segala sesuatu yang Anda lakukan untuk membawa bisnis atau meningkatkan visibilitas dan reputasi perusahaan Anda.Ada banyak teknik pemasaran yang berbeda baik online maupun offline. Contoh offline utama termasuk pameran dagang, jaringan dan pertemuan berbicara secara langsung.
Teknik online utama mencakup situs web perusahaan, upaya pengoptimalan mesin telusur (SEO) yang berkelanjutan, dan webinar industri.
Secara keseluruhan, teknik pemasaran online dan offline memungkinkan Anda menjangkau klien di mana pun mereka berada. Jaringan offline tradisional telah menjadi bagian penting dari industri layanan profesional selama beberapa waktu, tetapi belakangan ini hubungan penting semakin sering ditempa melalui media sosial.

A. PERENCANAAN PEMASARAN
Beberapa Iangkah dalam merencanakan pemasaran bagi usaha baru, yaitu sebagai berikut.

  1. Penentuan kebutuhan dan keinginan pelanggan riset pasar harus diarahkan dan dibutuhkan konsumen, berapa jumlahnya, Kualitas yang bagaimana, siapa yang
    membutuhkan, dan kapan mereka membutuhkan.
  2. Memilih pasar sasaran khusus (special target market) Ada tigajenis pasar sasaran
    khusus, yaitu sebagai berikut.
    a. Pasar individual (individual market).
    b. Relung pasar (niche market).
    c. Segmentasi pasar (market segmentation).
  1. Menempatkan Starategi Pemasaran dalam Persaingan
    Ada 6 strategi untuk memenuhi permintaan dan Iingkungan yang bersaing yaitu
    sebagai berikut.
    a. Orintasi pada pelanggan (customer orientation).
    b. Kualitas (qua/ity), ialah mengutamakan TQM (Total Qua/ityManagement) yaitu
    efektif, efisien dan tepat.
    c. Kesenangan (convenience), yaitu memfokuskan perhatian pada kesenangan hidup
    kenyamanan, dan kenikmatan.

B. STRATEGI PEMASARAN

  1. Penelitian dan Pengembangan Pasar (Probe)
    Keunggulan bersaing perusahaan baru terletak pada perbedaan (diferinsiasi)
    perusahaan tersebut dengan pesaingnya dalam hal:
    a. Kualitas yang Iebih baik;
    b. harga yang Iebih murah dan bisa ditawar;
    c. lokasi yang Iebih cocok, Iebih dekat, Iebih cepat;
    d. seleksi barang dan jasa yang Iebih menarik;
    e. pelayanan yang Iebih menarik dan Iebih memuaskan konsumen;
    f. kecepatan, naik dalam pelayanan maupun dalam penyaluran barang.
  1. Bagi usaha baru sangat cocok untuk menerapkan strategi “market driven”
    berdasarkan enam pondasi:
    a. orientasi konsumen,
    b. Kualitas,
    c. kenyamanan dan kesenangan,
    d. lnovasi,
    e. kecepatan,
    f. pelayanan, dan
    g. kepuasan pelanggan

a. Berorientasi pada Konsumen
Prinsip-prinsip pokok kepuasan pelanggan, yaitu sebagai berikut.
1) Bila ada pelanggan yang merasa kurang puas, penuhilah secepat mungkin
kekurangan tersebut.
2) Doronglah pelanggan untuk mengajukan keluhan bila kurang memuaskan.
3) Mintalah umpan balik (feed-back) dari karyawan tetntang upaya perbaikan pelayanan yang harus diberikan kepada pelanggan.


4) Buatlah komitmen untuk membuat pelayanan terbaik kepada konsumen.
5) Izinkanlah manajer untuk menunggu pelanggan temporer.
6) Hati-hatilah dalam memilih dan melatih seseorang yang akan berhubungan
dengan pelanggan

b. Kualitas
Kualitas harus mencrminkan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Ada enam macam komponen Kualitas yaitu sebagai berikut.
1) Ketepatan (reability), yaitu rata- rata kelalaianl pengabaian.
2) Daya tahan (durabu/ity), yaitu berapa Iama barang dan jasa tersebut dapat dipakai/ bertahan.

3) Mudah digunakan (ease of use), yaitu barang danjasa tersebut memberikan kemudahan untuk digunakan.
4) Nama merek yang terkenal dan dipercaya (know and frusted brand name)
5) Harga yang relatif rendah (price).

c. Kesenangan
Memberikan pelayanan yang menyenangkan dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut.

1) Lokasi usaha harus dekat.
2) Berikan kemudahan- kemudahan kepada pelanggan.
3) Tentukan jam kerja yang menyenangkan bagi pelanggan.
4) Tetapkan apakah barang perlu diantar atau tidak.

d. lnovasi
lnovasi merupakan kekuatan bagi wirausaha dalam meraih sukses usahanya, sepefi produk baru, perbedaan teknik/ cara, dan pendekatan baru dalam memperkenalkannya.

Inovasi membedakan antara pemimpin dan pengikut. Steve Jobs


Terkadang ketika Anda berinovasi, Anda membuat kesalahan. Cara terbaik adalah mengakuinya segera, dan melanjutkan meningkatkan inovasi lainnya.


sometimes when you innovate, you make mistakes. It is best to admit them quickly, and get on with improving your other innovations.

Steve Jobs

e. Kecepatan
Secara Hlosofi, kecepatan disebut 77me Compression Management (TCM), yang
memili dua aspek :
1) mempercepat produk- baru kepasar;
2) memperpendek waktu dalam merespons permintaan pelanggan baik dalam memproses produk maupun dalam mendistribusikan atau menyampaikannya.


Agar perusahaan yang mementingkan TQM dapat bersaing, hendaknya melakukan halhal sebagai berikut.:
1) Perbaharui keseluruhan proses agar Iebih cepat.
2) Ciptakan fungsi silang dari tim kerja, berikan kekuatan untuk memecahkan persoalan.
3) Arahkan tujuan Secara agresif untuk mengurangi waktu dan memperpendek jadwal.
4) Tanamkan budaya cepat.
5) Gunakan teknologi yang dapat mempercepat proses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *