f. Pelayanaan dan Kepuasaan Pelanggan
Cara menciptakan pelayanaan dan Kepuasaan pelanggan adalah sebagai berikut.
1) Dengarkan dan perhatikan pelanggan.
2) Tetapkan pelayanaan yang baik.
3) Tetapkan ukuran dan kinerja standar.
4) Berikan perlindungan dan hak-hak karyawan.
5) Latih karyawan cara memberikan pelayanaan yang istimewa.
6) Gunakan teknologi yang memberikan pelayanaan terbaik.
7) Berikan hadiah bagi pelayanaan terbaik.
- Produk (Product
a. Tahap Pengembangan
Aturan-aturan yang perlu dipertimbangkan dalam pengembangan produk, yaitu sebagai berikut ini
1) Simplicity (sederhana)
Mudah dikenal dan digunakan oleh konsumen, seperti aiat-alat otomatis.
2) Integrity (integritas)
Disain produk harus baik dari sejak awal sampai akhir pakai.
3) Human focus (fokuskan pada orangnya)
Memperhatikan peranan kompletementer pemakai akhir untuk mendesain integritas.
4) Sinergy (Berdaya juang)
Desain produk yang baik memerlukan kombinasi antara pengalaman, pengetahuan,dan kecakapan dari suatu team professional.
5) Creativity (kreativitas)
Keberhasilan produk sangat bergantung pada keahiian kreatif dari banyak orang.
6) Risk (Risiko)
b. Tahap Pengenalan
Pada tahap ini produk baru diperkenalkan kepada konsumen potensiai. Untuk
memperkenalkan produk baru ini, promosi dan periklanan harus Iebih gencar agar
produk ini dikenal oleh konsumen terutama konsumen potensial.
c. Tahap Pertumbuhan Penjualan
Jika barang baru ini gagai menembus konsumen pada tahap perkenalan dan pertumbuhan, barang tidak akan Iaku terjual.
d. Tahap Kematangan
Volume penjualan terus meningkat dan profit margin mencapai puncaknya, tetapi kemudian menurun karena masuknya pesaing baru ke pasar.
e. Tahap Kejenuhan
Pada tahap ini penjualan mencapai puncaknya dan konsumen mulaijenuh terhadap produk tersebut. Oleh sebab itu, pada tahap ini inilah inovasi produk harus dimulai.
f. Tahap Penurunan
Tahap ini merupakan Iingkaran akhir daur hidup produk. Hasil penjualan produk secara terus menerus mulai menurun, produk-produk Iama mulai diobral dan cuci gudang, otomatis profit margin juga turun drastis.
- Tempat (Place)
Tempat yang menarik bagi konsumen adalah tempat yang paling strategis,menyenangkan dan efisien, dengan jalan :
a. perbanyak saluran distribusi,
b. tata Ietak usahanya, misal tata etalase dan posisinya,
c. gunakan cara penyampaiannya barang seefisien mungkin, dan
d. mengubah-ubah persediaan dari gudang yang satu ke gudang/ tempat yang Iain.
Harga (Price)
Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memberikan harga yang menarik bagi
konsumen, yaitu sebagai berikut.
a. Menentukan harga dasar dan harga jual barang yang berbeda-beda.
Hal yang perlu diperhatikan dalam menetapkan harga, yaitu
1) biaya penjualan dan biaya barang;
2) harga yang dimilki pesaing;
3) elastisitas permintaan barang.
b. Memberikan potongan harga yang ben/ariasi, misalnya :
1) potongan penjualan tunai;
2) potongan penjualan dengan pembelian tunai;
3) sistem diskon/ hadiah;
c. Memberikan keringan waktu pembayaran, dengan 3 cara :
1) pembayaran di muka;
2) pembayaran di belakang;
3) pembayaran kredit/ dicicil.
Kesimpulan
Guna mengembangkan bisnis, pentingnya untuk melakukan teknik pemasaran agar dapat membuat konsumen tertarik untuk menggunakan produk atau jasa yang dihasilkan. Oleh sebab itu, sebaiknya untuk mengetahui lebih banyak mengenai pengertian dan langkah-langkah yang dilakukan.
Setelah mengetahui lebih lengkap tentang teknik sebuah pemasaran produk, serta langkah-langkah yang harus ditempuh. Maka langkah selanjutnya, adalah mempraktikkan hal tersebut untuk mengikat pelanggan dan mendapatkan konsumen yang baru agar penjualan semakin berkembang.
Pastikan juga Anda memiliki pengelolaan keuangan yang baik agar rencana dalam membangun strategi dan teknik pemasaran bisnis Anda berjalan dengan optimal.
Lakukan pembukuan dan penganggaran yang detail dan menyeluruh untuk memastikan seluruh biaya yang Anda gunakan sudah efisien dan tidak terjadi pemborosan yang berakibat kerugian pada bisnis.