pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.
Tipe pemasaran digital mencakup banyak teknik dan praktik yang terkandung dalam kategori pemasaran internet. Dengan adanya ketergantungan pemasaran tanpa internet membuat bidang pemasaran digital menggabungkan elemen utama lainnya seperti ponsel, SMS (pesan teks dikirim melalui ponsel), menampilkan iklan spanduk, dan digital luar.
Pemasaran digital turut menggabungkan faktor psikologis, humanis, antropologi, dan teknologi yang akan menjadi media baru dengan kapasitas besar, interaktif, dan multimedia. Hasil dari era baru berupa interaksi antara produsen, perantara pasar, dan konsumen. Pemasaran melalui digital sedang diperluas untuk mendukung pelayanan perusahaan dan keterlibatan dari konsumen. Menurut Salesforse, sekitar 68% perusahaan telah mengintegrasikan pemasaran seluler.
Revolusi digital telah mengubah pendekatan perusahaan terhadap konsumen secara drastis. Berkat Internet, konsumen mampu menganalisis harga, menurut pendapat yang beredar, dan terkadang bahkan mendiktekannya. Perkembangan teknologi digital telah menyebabkan munculnya konsumen siber dan bisnis siber. Revolusi digital memungkinkan penerapan model hubungan baru dengan konsumen, yang merupakan tantangan bagi perusahaan, yang ingin meningkatkan pangsa pasar mereka. Smartphone dan media sosial memberikan dampak tertentu pada perkembangan dinamis pemasaran digital. Oleh karena itu, cara menjangkau calon klien melalui telepon seluler dan jejaring sosial merupakan saluran komunikasi terkini, yang dapat membangun hubungan dengan pelanggan, sehingga meningkatkan penjualan. Dalam artikel tersebut, penulis mempresentasikan esensi pemasaran digital bersama dengan asetnya, yang tidak berarti apa-apa bagi perusahaan, yang berencana untuk memotong biaya layanan pelanggan, sehingga meningkatkan keuntungan dan mengoptimalkan proses penjualan
Tipe pemasaran digital
Pemasaran melalui e-mail/ surel disebut e-mail komersial. Penggunaan e-mail dalam bisnis dapat membantu pengiriman informasi (promosi) mengenai produk atau jasa penerima pesan (receiver). CAN-SPAM Act adalah sebuah hukum yang menetapkan aturan-aturan untuk e-mail komersial
Persyaratan utama CAN-SPAM Act:[5]
- Dilarang menggunakan informasi header palsu atau menyesatkan
Mengindetifikasi bisnis secara akurat.
- Dilarang menggunakan baris subjek yang menipu
Baris subjek harus mencerminkan isi pesan.
- Identifikasi pesan sebagai iklan
Iklan harus diungkapkan dengan jelas dan mencolok.
- Menyertakan lokasi keberadaan pengirim kepada penerima pesan
Mengikutsertakan alamat yang valid berupa pos fisik. Pos tersebut harus terdaftar pada Postal Service.
- Memantau orang lain yang mengatasnamakan perusahaan utama
Menyewa perusahaan lain untuk menangani pemasaran e-mail harus didasari atas tanggung jawab dengan mematuhi hukum yang berlaku.
Pemasaran tanpa internet
- SMS
Salah satu pesan teks melalui ponsel. Pemasaran ini dimulai sejak tahun 2000-an di beberapa negara seperti Eropa, Amerika Utara, dan Asia. Pada tahun 2005, alat komunikasi seluler (ponsel) menjadi bentuk pemasaran yang sah di seluruh dunia.
- Iklan banner
Iklan yang muncul pada halaman web untuk mempromosikan blog atau situs kliennya
Strategi pemasaran digital
Terdapat dua strategi pada pemasaran digital berdasarkan cara pengiriman yaitu tarik dan dorong, masing-masing strategi memiliki kelebihan dan kekurangan.[1]
Tarik
Pemasaran digital ini melibatkan konsumen untuk mencari, melihat, dan mengambil informasi secara langsung melalui situs atau mesin pencari. Konsumen berperan aktif dalam mencari informasi yang dibutuhkan, biasanya terletak pada situs atau website, blog, audio streaming, dll.
Kelebihan:
- Tidak memerlukan teknologi canggih untuk mengirimkan konten, hanya diperlukan untuk menyimpan atau menampilkannya.
- Tidak ada batasan dari segi konten atau ukuran berkas karena semua ditentukan oleh konsumen.
- Kebebasan media yaitu perusahaan bebas menggunakan metode apa pun untuk menarik konsumen.
Kekurangan:
- Tidak ada personalisasi untuk menjaga pengunjung datang kembali.
- Bersifat pasif karena mengandalkan mesin pencari.
- Terbatasnya kemampuan untuk mengukur hasil pada konsumen.
Ulur
Pemasaran digital ini memberikan informasi kepada konsumen dengan melihat atau menerima iklan digital secara aktif. Informasi dapat datang dalam bentuk e-mail, panggilan ponsel, SMS (pesan teks dikirim melalui ponsel), MMS (pesan multimedia), RSS (format feed web yang mendistribusikan berita dan informasi), dan lain-lain.[10]
Kelebihan:
- Memilih sasaran konsumen secara khusus.
- Pesan yang dikirim dapat disesuaikan dengan kriteria konsumen.
- Melakukan pelacakan rinci tentang pilihan konsumen.
Kekurangan:
- Memerlukan mekanisme dalam pengiriman pesan.
- Pesan dapat dicegah oleh konsumen.
- Timbulnya isu privasi akibat konsumen tidak tertarik dengan e-mail atau SMS yang bersifat promosi dan iklan.
Solusi pemasaran digital
Solusi pemasaran digital meliputi penggunaan berbagai saluran pengiriman yang meliputi teknik tarik dan dorong. Hal ini digunakan untuk memperluas dukungan pelayanan perusahaan dan keterlibatan konsumen. Perusahaan perlu menjadi adaptif dan responsif dalam memenangkan konsumen. Pertahanan dalam paradigma baru ini, perusahaan harus membuat komitmen yang kuat untuk pemasaran digital melalui investasi baru dalam teknologi dan inovasi. Berakhir pada solusi pemasaran yang ideal berupa mencapai, retensi, dan pendapatan.
Aturan dalam pemasaran digital:
- Menargetkan satu segmen dan menciptakan komunitas virtual.
- Memperluas peran merek dalam portofolio secara global.
- Gunakan harga yang kreatif.
- Mengutamakan desain bagi konsumen.
- Gunakan eksperimentasi yang bersifat adaptif.
- Menemukan kembali riset pemasaran dan pemodelan sebagai penciptaan pengetahuan.
Saluran
Pemasaran digital dapat dilakukan dalam berbagai saluran. Sebagai pemasar, salah satu tujuan utama dalam proses menentukan saluran yang tepat adalah dengan memilih saluran yang memberikan hasil maksimal pada proses komunikasi dua arah. Beberapa pilihan saluran pemasaran digital:
- Pemasaran afiliasi
- Pemasaran tampilan
- Pemasaran email
- Search Engine Marketing
- Social Media Marketing
- Hubungan Masyarakat Daring
Langkah-langkah pemasaran digital
Dalam aktivitas pemasaran digital terdapat istilah AIDA (Awareness, Interest, Desire, dan Action), khususnya dalam proses memperkenalkan produk atau jasa ke pasar (konsumen).
- Awareness (Kesadaran)Dalam ranah digital, pemasar membangun kesadaran konsumen dengan memasang iklan terlebih dahulu di media online, seperti Detik.com.
- Interest (Ketertarikan)Ketertarikan muncul setelah membangun kesadaran pada konsumen. Sistem offline adalah konsumen langsung mencari informasi di pasar. Sistem online adalah konsumen mencari tahu tentang produk melalui mesin pencari (Google, Yahoo! dll) dan jejaring sosial (Facebook, Twitter dll).
- Desire (Keinginan)Timbul keyakinan pada konsumen sehingga berkeinginan untuk mencoba produk atau jasa. Sistem online ditandai dengan mencari keterangan lengkap tentang produk atau jasa melalui situs web.
- Action (Tindakan)Tahap terakhir sebagai penentuan apa yang dilakukan oleh pihak konsumen terhadap produk atau jasa.
Kunci sukses pemasaran digital
- Harus memperhatikan istilah pada AIDA (Awareness, Interest, Desire, dan Action).
- Pasar adalah tempat komunikasi dua arah. Untuk memperoleh komunikasi tersebut merek harus melakukan positioning terlebih dahulu, dapat melalui berbagai media (Forum, blog, dan lain-lain) dan yang paling efektif ialah melalui jejaring sosial.
Manfaat dan Langkah Memulai Digital Marketing
Manfaat Digital Marketing
Ada pun manfaat digital marketing, yaitu:
- Menghubungkan dengan konsumen di Internet.
- Menghasilkan penjualan yang tinggi.
- Membuat pelaku lebih hemat.
- Mengaktifkan layanan pelanggan real-time.
- Menghubungkan pelaku dengan konsumen yang menggunakan perangkat mobile.
- Membantu menghasilkan pendapatan tinggi.
- Memberikan Roi yang lebih tinggi dari kampanye yang dilakukan.
- Menjaga posisi terhadap pesaing.
- Membantu bersaing dengan perusahaan besar.
- Mempersiapkan untuk era internet of things.
Langkah Memulai Digital Marketing
Ada beberapa langkah memulai digital marketing yang harus kamu ketahui .di antaranya:
- Membuat website dengan konsep dan desain yang tepat.
- Mebuat content website yang sesuai dengan target pemasaran.
- Membangun aset sosial media.
- Membuat content marketing untuk website dan sosial media.
- Menerapkan SEO untuk website.
- Menggunakan iklan Google atau Facebook.
- Membangun aset video content seperti Youtube.
- Selalu belajar dari ahlinya dan mempraktikan.
Strategi Digital Marketing
Strategi Digital Marketing
Berikut ini strategi digital marketing yang perlu dikuasai oleh pelaku bisnis untuk membantu pemasaran produk:
- Search Engine Optimization (SEO)
- Content marketing
- Mobile marketing
- Integrated digital marketing
- Continuous marketing
- Personalized marketing
- Visual marketing