Persaingan bisnis yang ada pada saat ini,sumber daya yang unggul merupakan sebuah modal yang harus dimiliki oleh sebuah perusahaan. Dengan memiliki seumber daya yang unggul maka perusahaan dapat melakukan berbagai langkah kreatif dan dapat unggul secara kompetitif di dalam persaingan yang ada.Metode yang dapat digunakan untuk memenangkan persaingan adalah metode yang diperkenalkan oleh Jay Barney pada tahun 2007, yaitu Kerangka Kerja VRIO.

Dalam Perusahaan pastinya kita sebagai Owner selalu ingin berusaha menciptakan keunggulan yang kompetitif untuk membuat perusahaan menjadi maju agar menyaingi pesaing nya. Pada saat keunggulan kompetitif ini tercipta,maka pesaing juga bisa meniru keunggulan kompetitif yang kita miliki. Menciptakan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan merupakan tujuan yang harus dicapai perusahaan. Salah satunya yaitu dengan cara menerapkan Kerangka Kerja VRIO,alat ini dibuat dengan tujuan untuk melindungi sumber daya dan kapabilitas yang memberikan perusahaan keunggulan kompetitif dalam waktu jangka panjang.

Apa Itu Analisis VRIO ?

Analisis VRIO merupakan analisis yang dilakukan untuk perusahaan yang berguna untuk membantu menentukan kualitas dan kegunaan sumber daya serta kemampuan. Analisis VRIO ini dikembangkan oleh Jay B. Barney pada tahun 1991, yang dimana Jay B. Barney ini merupakan guru besar Amerika dalam bidang manajemen strategis pada University of Utah,Beliau terkenal karena kontribusinya pada teori keunggulan kompetitif yang berbasis sumber daya.

Beliau mengidentifikasi 4 atribut yang harus dimiliki oleh sumber daya perusahaan agar memiliki keunggulan kompetitif yang berkelanjutan,yang dimana sumber daya harus VRIN yaitu Valuable (bernilai), Rare (langka), Imperfectly imitable (tidak dapat ditiru dengan sempurna) serta Non-substitutable (tidak dapat digantikan).Tetapi dalam perkembangannya,VRIN ini telah disempurnakan menjadi VRIO yang berarti merupakan Valuable (bernilai), Rare (langka), Inimitable (Tidak dapat ditiru) dan Organization (yang dimiliki organisasi).

Apakah Kegunaan Analisis VRIO ?

Konsep VRIO didasari oleh pada teori resource based view of the firm, yaitu melihat sudut pandang melihat perbedaan berdasarkan resource (sumber daya) yang dimiliki oleh sebuah perusahaan/organisasi. Dua premis utama yang dipegang oleh sudut pandang ini adalah :

  • Setiap perusahaan memiliki sumber daya yang unik.
  • Sumber daya tidak dapat dengan mudah dipindahkan.

Manajemen yang mampu mengelola dengan sangat baik sumber daya yang dimiliki maka akan memberikan perbedaan dengan perusahaan lain. Perbedaan menjadi salah satu hal utama di dalam survival di sebuah perusahaan.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh Barney,beliau menyimpulkan bahwa karakteristik kemampuan yang penting bagi perusahaan adalah VRIO.VRIO sendiri juga memiliki Singkatan yaitu :

  • Valuable ( bernilai )

Valuable adalah hal yang berhubungan dengan perusahaan dalam menganalisis eksploitasi, kesempatan atau ancaman yang berasal dari lingkungan eksternal.

  • Rare ( jarang )

Rare adalah kemampuan analisis perusahaan mengenai kemungkinan perusahaan menganalisis adanya hal yang jarang yang dimiliki competitor.

  • Imitate to cost ( mudah ditiru )

Imitate to cost adalah kemampuan yang tidak dimiliki perusahaan lain dan tidak mampunya perusahaan untuk mengembangkan strategi yang dimilikinya.

  • Organized ( terorganisir )

Organized adalah suatu langkah untuk menetapkan, menggolongkan dan mengatur berbagai macam kegiatan yang di pandang. Seperti penetapan tugas dan wewenang seseorang pendelegasian wewenang dan seterusnya dalam rangka untuk mencapai tujuan .

Implementasi Analisis VRIO ?

Pada era persaingan usaha yang semakin berkembang pesat dan beraneka ragam ini kita dituntut untuk bisa menciptakan peluang usaha kecil menjadi peluang besar. Dengan mengikuti perkembangan sikap customer yang beragam,membuat hal ini menuntut kita untuk menciptakan suatu inovasi baru dan bisa memuaskan kebutuhan masyarakat / customer.

Bisnis minuman merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan di era sekarang ini. Banyak masyarakat Indonesia untuk berburu minuman yang menarik dan terlihat enak. Apalagi di era sekarang media digital berupa sosial media terus berkembang dan bisa dimanfaatkan untuk menjual bisnis minuman tersebut. Salah satu media sosial yang saat ini banyak digunakan adalah instagram. Dengan menggunakan instagram, pemasaran bisnis minuman ini dapat dimaksimalkan dengan baik. Hal tersebut dikarenakan fitur yang ada di instagram bisa digunakan untuk memajang foto produk minuman kita. Apalagi pengguna akun Instagram sudah mencapai belasan juta orang.

Luscious Fresh Drink’s merupakan nama bisnis yang kami jalani, berupa minuman segar. Bisnis minuman segar ini sangat memiliki peluang yang baik,karena banyak orang yang menjadikannya sebagai patokan atau sesuatu untuk menjadi penghilang dahaga pada musim panas seperti ini. Bukan hanya untuk penghilang dahaga saja,tetapi minuman ini juga mempunyai peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh serta meningkatkan imunitas di dalam diri kita.

Mungkin Di kota Jakarta,sudah banyak sekali yang menjual minuman segar tetapi belum tentu mereka bisa memberikan manfaat 3 in 1 di dalamnya serta kecocokan rasa bagi konsumennya. Produk yang akan kami tawarkan ini tentunya bersifat unik dan modern sekali,sesuai dengan perkembangan teknologi yang berkembang saat ini.

Maka dari itu Luscious Fresh Drink’s hadir untuk mengembangkan bisnis ini, kami telah memiliki sumber daya manusia yang berkompeten dalam bidang kesehatan serta mempunyai supplier yang berkualitas. Bisnis ini tentunya tidak hanya bermanfaat bagi kami sendiri untuk mengembangkan produk,tetapi juga bermanfaat bagi banyak orang yang akan mengkonsumsinya,ya walaupun saat ini sudah banyak yang menjual minuman seperti ini, namun soal rasa dan ciri khas dari tangan orang yang membuatnya tentu akan berbeda rasanya dengan yang di jual kebanyakan orang.

Visi Dan Misi :

  • Visi : Memberikan rasa yang berkualitas dan dijamin enak. Dengan harga yang murah dan tentunya tidak menguras isi kantong. Dimana kepuasan konsumen,maka disitulah keberhasilan kami.
  • Misi : Menyediakan Minuman segar yang enak serta tanpa bahan pengawet. Kami siap melayani konsumen dengan baik dan ramah

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran yang dimiliki oleh Luscious Fresh Drink’s terhadap penentuan Tempat untuk memasarkan produk ini yaitu dengan cara menentukan tempat yang strategis,selain itu kami juga akan memberikan Pelayanan yang baik kepada konsumen serta memberikan jaminan produk Yang memiliki segudang manfaat bagi konsumen.Dengan hadirnya produk ini,kami akan memberikan harga yang relatif cukup terjangkau bagi pembeli dan produk ini akan kami jual melalui Online store, sehingga mereka dapat dengan mudah membelinya tanpa harus bersusah payah ke luar rumah.

Mungkin banyak orang yang mengira bahwa minuman segar belum tentu segar,serta belum tentu rasanya enak. Walaupun produk kami telah mengatasi masalah tersebut, di sisi lain minuman ini ternyata juga memiliki kekurangan. Kekurangan itu adalah dari rasanya yang mungkin kurang bervariasi, sehingga konsumen mungkin akan merasa bosan untuk mengkonsumsinya. Selain itu kami juga memiliki kendala dalam mempromosikan produknya yang di ikuti dengan modal usaha serta alat dan bahan yang digunakan untuk memproduksinya sangat terbatas.

Secara perlahan kami akan mengatasi kekurangan tersebut dengan memberikan Promo buy 1 get 1 untuk pemesanan khusus konsumen yang berkunjung pada 2 hari berturut – turut,serta Memberikan Berbagai macam promosi menarik lainnya untuk pembelian khusus melalui aplikasi online.Lalu tidak lupa juga kami,untuk Meminta Feedback dan Saran kepada Konsumen untuk meningkatkan Komunikasi dengan Konsumen agar selalu Tetap Terhubung. Berikut Analisa lebih detail :

  • Segmenting
    Saya membagi konsumen ke dalam beberapa kelompok sebagai berikut :

Pasar Lokal / Tradisional Dalam kelompok ini merupakan produsen / pedagang yang hanya membeli Minuman segar dalam jumlah yang tidak begitu banyak yang dikarenakan hanya untuk di jual di pasar atau toko miliknya. Atau dengan kata lain para pengusaha toko kecil.

Distributor
Dalam kelompok ini merupakan orang-orang yang menjadi distributor Luscious untuk di jual lagi dalam pasar atau untuk di ekspor ke luar negeri. Kami menerima sangat terbuka apa bila ada yang ingin menjadi agen dari produk kami dengan memiliki cara kerjasama marketing yang baik.

Swalayan / Supermarket
Swalayan / supermarket di sini biasanya membeli produk kami dalam jumlah yang banyak untuk di jual kembali pada konsumen.

Konsumen Langsung
Yang dimaksud konsumen langsung di sini adalah orang-orang yang langsung membeli / mengkonsumsi produk kami,entah itu remaja, orang dewasa ataupun lansia yang sangat suka dengan minuman segar ini dari kalangan menengah ke bawah hingga ke atas.

  • Targeting
    Berdasarkan segmen diatas, membuat saya menjadikan konsumen Distributor menjadi target utama. Alasannya adalah karena distributor biasanya membeli dalam jumlah yang sangat banyak untuk di pasarkan kembali ataupun untuk di ekspor ke luar negeri.
  • Positioning
    Berdasarkan target pasar tersebut, saya memposisikan diri sebagai penyedia / penjual Luscious Fresh Drink’s yang menyediakan minuman segar dengan berbagai varian rasa yang berbeda untuk para konsumen.

Analisis Persaingan
Pesaing dari produk kami ini adalah semua pemilik usaha Minuman segar dengan memiliki sasaran konsumen yang sama, seperti Haus!,Kokumi,Alpucok,teguk dan lain-lain. Tetapi untuk persaingan secara nyata belum terlihat , karena ini merupakan inovasi baru di kota Jakarta.

Dalam sebuah persaingan untuk mendapatkan konsumen, kita bisa menggunakan strategi  untuk mengalahkan pesaing. Strategi yang kita gunakan bisa kita mainkan pada harga ,kualitas, dan rasa. Kita bisa menawarkan harga sama dengan pesaing kita, atau kita tunjukan bahwa kita memiliki keunggulan biaya dimata pesaing dan juga dari segi rasa yang beraneka ragam yang tidak dimiliki oleh pesaing. Selain harga dan rasa kita harus meningkatkan diferensiasi dan inovasi produk dengan menambahkan keunggulan pada sebuah produk yang ada dan manfaatnya,serta kita harus tekankan adanya resiko pada harga yang murah.

Walaupun usaha bisnis ini masih sebatas planning, akan tetapi bila usaha saya ini terwujud.Maka saya memiliki rencana pengembangan usaha yang diantaranya :

Pembelian dan peluasan lahan usaha
Pembelian lahan sangatlah penting karena berguna untuk mengembangkan usaha, mengingat lahan yang saya gunakan hanyalah rumah sendiri maka dari itu masih sangat kurang layak untuk dipakai sebagai tempat produksi produk ini bila semakin berkembang di masa yang akan datang. Karena jika produk usaha ini semakin besar, maka tentunya akan membutuhkan lahan yang lebih luas lagi untuk tempat produksi.

Membuka cabang usaha di tempat lain
Hal ini saya rencanakan dengan maksud memperluas untuk usaha saya. Selain membuka lapangan kerja baru, dengan membuka cabang usaha produksi ditempat lain berarti membuka peluang baru dalam penjualan produk ini, serta akan menaikkan omset penjualan dari minuman ini.

Perluasan jam terbang
Selain mengincar pasar domestic untuk jangka waktu Panjang,saya berharap agar dapat menembus pasar internasional dengan cara melakukan kegiatan ekspor – impor Herbal Drink antar negara .

Melakukan Penambahan jenis usaha
Selain mengincar pasar internasional dalam pengembangan jenis usaha, saya menargetkan akan melebarkan usaha pada bidang pembuatan produk lain. Tetapi hal ini akan dapat terwujud jika omset penjualan produk ini sudah sangat tinggi,sehingga dengan keuntungan yang sudah diperoleh akan dapat membeli alat-alat atau teknologi baru untuk mengolahnya.

Penutup

Setelah saya Jabarkan secara detail tentang Analisis VRIO,Maka seharusnya kita sudah dapat memahami tentang Analisis VRIO ini dan kita tinggal merencanakan langkah pertama dalam pikiran pada saat ingin memulai sebuah bisnis. Jika telah di pertimbangkan semuanya, Maka kita tidak akan merasa sulit sama sekali untuk mempelajari cara menerapkan kerangka VRIO ini pada bisnis yang akan kita miliki.Pada kita menerapkannya,maka bisa dipastikan kita akan mendapatkan manfaat lebih dari sekedar penghargaan. Kita juga akan dapat memahami kekuatan perusahaan dengan lebih baik serta menyadari apa sumber daya utama yang membedakan kita dari yang lain.

Setelah melakukan semua ini, yang perlu kita lakukan adalah tinggal bekerja dan mewujudkannya. Jika kita ingin menciptakan keunggulan kompetitif untuk jangka waktu yang panjang,maka kerangka kerja VRIO ini akan memandu kita.