Ringkasan Eksekutif
Coherbs Herbal Drink adalah minumanĀ homemadeĀ dan menggunakan bahan-bahan yang alami. Yang berarti bahan-bahan yang digunakan tidak mengandung zat-zat kimia yang dapat membahayakan tubuh.
Awal munculnya ide untuk membuat Coherbs Herbal Drink adalah karena pada zaman pandemi Covid-19 ini, orang-orang memerlukan daya tahan tubuh yang lebih agar dapat lebih kebal dari virus Covid-19 yang dapat menurunkan daya tahan tubuh. Beberapa orang memiliki alergi terhadap obat-obatan, maka dari itu, Coherbs Herbal Drink dapat menjadi salah satu pilihan seseorang agar dapat tetap sehat di zaman pandemi Covid-19 ini.
Coherbs Herbal Drink juga memudahkan pelanggan untuk membeli produknya. Dengan harga yang relatif cukup terjangkau, dan dengan kemudahan pembelian melalui online-shop, Coherbs Herbal Drink akan dapat menarik pelanggan.
Deskripsi Bisnis
Coherbs Herbal Drink memiliki peranan penting di zaman modern ini. Selain kandungan bahan-bahan alaminya yang menyehatkan, Coherbs Herbal Drink juga dapat mengatasi permasalahan di mana seseorang memiliki alergi terhadap obat-obatan kimia.
Walaupun banyak toko-toko yang menjual minuman herbal, tetapi, sedikit yang memiliki varian rasa yang disukai semua orang. Karena pada umumnya, minuman-minuman herbal yang dijual memiliki rasa yang pahit dan tidak enak, berbeda dengan Coherbs Herbal Drink. Selain rasanya yang enak, Coherbs Herbal Drink juga menawarkan varian-varian rasa agar dapat memenuhi keinginan masing-masing orang.
Strategi Pemasaran
Strategi Pemasaran yang digunakan oleh Coherbs Herbal Drink adalah sebagai berikut :
1) Diferensiasi
Dengan Diferensiasi, Coherbs Herbal Drink dapat menonjolkan keunggulan-keunggulan dari produknya dibandingkan dengan merk-merk lain.
2) Segmenting
Dengan Segmenting, Coherbs Herbal Drink dapat membagi konsumen-konsumennya menjadi segmen-segmen. Hal ini dapat membantu dalam memfokuskan ke segmen tertentu.
3) Positioning
Coherbs Herbal Drink memposisikan bisnisnya sebagai bisnis yang inovatif serta ramah lingkungan karena memiliki varian-varian rasa yang unik, dan karena menggunakan bahan-bahan alami.
4) Targeting
Dalam Targeting, segmen yang ingin difokuskan akan ditargetkan lebih lanjut. Dalam hal ini, Coherbs Herbal Drink mentargetkan segmen anak remaja sampai dengan pegawai kantoran.
4. Analisis Persaingan
Pesaing dari Coherbs Herbal Drink adalah toko-toko yang menjual minuman-minuman herbal dalam kemasan sachet seperti Herbadrink Sari Jahe, Minuman Temulawak AMH, dan lainnya.
Lalu, minuman-minuman herbal yang tergolong kuno masih menjadi salah satu pesaing dikarenakan masyarakat yang konservatif masih memilih minuman-minuman herbal yang kuno seperti jamu.
5. Rencana Desain dan Pengembangan
1) Tujuan Usaha Jangka Panjang
Tujuan Usaha Jangka Panjang dari Coherbs Herbal Drink adalah untuk mencari pemasok bahan baku yang dapat diajak berkolaborasi agar bisnis ini dapat berkesinambungan.
2) Strategi
Salah satu strategi yang digunakan agar dapat mencapai tujuan-tujuannya adalah Coherbs Herbal Drink akan mengeluarkan varian rasa baru agar produknya tetap relevan.
3) Sasaran dan Jadwal Pencapaian
Agar dapat mencapai tujuan usaha jangka panjang, Coherbs Herbal Drink telah menetapkan sasaran-sasaran serta jadwal pencapaian berupa kemudahan ketika membeli produk dengan cara menjualnya melalui online shop, serta dengan menjaga kualitas dan relevansi dari produk dengan cara menggunakan bahan-bahan yang bagus serta mengeluarkan varian-varian rasa baru.
4) Evaluasi Resiko
Resiko sangat perlu dievaluasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika menjalani bisnis.
5) Exit Plan
Untuk Exit Plan, Coherbs Herbal Drink akan menyisihkan sebagian profitnya untuk persiapan exit plan.
6. Rencana Operasi dan Manajemen
Untuk rencana operasi kedepannya, Coherbs berencana untuk bercabang ke jenis-jenis produk lain, bukan hanya minuman herbal saja. Coherbs juga berencana untuk mempopulerkan produknya di luar negeri agar dapat membuka pasar baru.
7. Analisis Rencana Keuangan
Rincian | Pendapatan | Pengeluaran |
Modal | Rp 2.000.000 | – |
Biaya Bahan Baku | – | Rp 500.000 |
Biaya Sewa Olshop | – | Rp 50.000 |
Biaya Produksi | – | Rp 100.000 |
8. Kesimpulan
Coherbs Herbal Drink adalah usaha rumahan yang dapat menghasilkan untung yang besar. Namun, diperlukan juga dedikasi agar usaha ini berjalan lancar. Salah satu bentuk dedikasi tersebut adalah dengan cara membuat business plan agar rencana-rencana bisnis tetap teratur dan berjalan sesuai dengan rencana.