Pendahuluan
Bisnis model canvas adalah alat representasi visual yang dapat menjelaskan secara komprehensif sebuah proses bisnis. Dengan BMC, kita dapat memahami sebuah bisnis secara garis besar tanpa harus membuat dokumen rencana bisnis yang panjang lebar.
BMC memiliki 9 elemen utama, yaitu Customer Segment, Value
Proposition, Channel, Customer Relationship, Revenue Stream, Key Resources, Key Activities, Key Partnership dan Cost Structure.
Dengan kesembilan elemen tersebut, seseorang dapat mengetahui apakah sebuah bisnis memiliki potensial yang tinggi atau tidak.
Penjelasan Singkat Coherbs Herbal Drink
Awal munculnya ide untuk membuat Coherbs Herbal Drink adalah karena pada zaman pandemi Covid-19 ini, orang-orang memerlukan daya tahan tubuh yang lebih agar dapat lebih kebal dari virus Covid-19 yang dapat menurunkan daya tahan tubuh.
Beberapa orang memiliki alergi terhadap obat-obatan, maka dari itu, Coherbs Herbal Drink dapat menjadi salah satu pilihan seseorang agar dapat tetap sehat di zaman pandemi Covid-19 ini.
Coherbs Herbal Drink adalah minuman homemade dan menggunakan bahan-bahan yang alami. Yang berarti bahan-bahan yang digunakan tidak mengandung zat-zat kimia yang dapat membahayakan tubuh.
Adapun langkah-langkah menyusun BMC sebagai berikut :
1. Menentukan Bisnis
Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam membuat BMC adalah menentukan bisnis yang ingin dibahas. hal-hal yang perlu diliputi dalam menentukan bisnis adalah Nama/Merk dari bisnis tersebut, Jenis Usaha, Lokasi, Keunikan, dan lainnya.
Coherbs Herbal Drink
Nama Bisnis : Coherbs Herbal Drink
Jenis Bisnis : Minuman Herbal
Lokasi : Melalui Online Store
Keunikan : Minuman ini menggunakan bahan-bahan alami yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
2. Menetapkan Customer Segments
Langkah selanjutnya adalah untuk menganalisa, serta menetapkan segmen pasar untuk mengetahui target pasar manakah yang ingin dituju oleh bisnis. Dalam langkah ini, kita harus mengetahui block Customer Jobs, Customer Gain, serta Customer Pain
Coherbs Herbal Drink
Target pasar dari Coherbs Herbal Drink adalah remaja sekolah, hingga dewasa. Dengan harganya yang murah, Coherbs Herbal Drink dapat menargetkan pasarnya ke pada remaja-remaja sekolah juga. Dan karena Coherbs Herbal Drink bersifat menyehatkan, pelanggan juga akan lebih cenderung untuk membeli produk ini
3. Value Propositions
Value Propositions merupakan kesatuan, atau gabungan manfaat-manfaat yang ditawarkan perusahaan kepada pelanggan.
Value Propositions menciptakan nilai lebih untuk segmen pelanggan melalui hal-hal yang unik untuk melayani kebutuhan-kebutuhan segmen tersebut. Nilai tersebut dapat bersifat kuantitatif misalnya harga dan kecepatan layanan, atau kualitatif yang misalnya desain dan
pengalaman pelanggan.
Coherbs Herbal Drink
Untuk Value Proposition, Coherbs Herbal Drink menawarkan produk yang menggunakan bahan-bahan alami dan tentu saja akan meminimalisir resiko terjadinya alergi bahan-bahan kimia.
Coherbs Herbal Drink juga menawarkan kemudahan pembelian produknya. Dengan toko online, pelanggan tidak perlu ke luar rumah untuk membeli produk ini.
4. Menentukan Channel
Channel sangat diperlukan untuk sebuah bisnis dikarenakan dengan channel yang tepat, bisnis dapat dengan lebih mudah menjangkau target pasarnya. Dengan channel, sebuah bisnis juga dapat mengurangi cost atau harga dari produk yang dijual.
Coherbs Herbal Drink
Beberapa channel yang dipakai dalam bisnis Coherbs Herbal Drink adalah toko-toko online yang di mana produk Coherbs Herbal Drink akan dijual.
5. Menentukan Customer Relationship
Pada langkah ini, bisnis harus menganalisa serta menjaga hubungan antara bisnis tersebut dengan pelanggannya. Contoh hubungan tersebut adalah seperti cara-cara membuat pelanngan lama tetap membeli produk, dan cara-cara membuat pelanggan baru lebih tertarik kepada produk.
Coherbs Herbal Drink
Pada Coherbs Herbal Drink, salah satu cara menjaga hubungan antara Coherbs Herbal Drink dengan pelanggannya adalah dengan mendengarkan kritik serta saran dari pelanggan tersebut. Salah satu contohnya adalah dengan mengeluarkan varian rasa baru berdasarkan saran dari pelanggan.
6. Menentukan Revenue Streams
Revenue Streams adalah bagaimana suatu bisnis, baik yang dijalankan oleh perusahaan atau perorangan, memperoleh pendapatan dari proses transaksi, penjualan barang atau pun jasa. Revenue Streams menjelaskan tentang bagaimana perusahaan akan mendapatkan pemasukan dari setiap segmen pasar yang sudah ditetapkan. Seberapa banyak saluran pendapatan yang bisa dimanfaatkan dan bagaimana mekanisme pendapatan tersebut tercipta.
Coherbs Herbal Drink
Revenue Stream dari Coherbs Herbal Drink mayoritas berasal dari toko online seperti Tokopedia, Go-Food, dan lainnya. Pelanggan dapat menggunakan mobile banking, e-wallet, dan lainnya untuk membeli produk Coherbs Herbal Drink.
7. Menentukan Key Activities
Langkah ini digunakan untuk menentukan aktifitas atau kegiatan apa saja yang perlu dilakukan agar dapat menghasilkan produk atau jasa yang baik.
Coherbs Herbal Drink
Salah satu Key Activities dari Coherbs Herbal Drink adalah pemilihan bahan baku dari minuman herbalnya. Coherbs Herbal Drink memilih bahan-bahan alami dan tidak mengandung zat kimia.
8. Menentukan Key Resources
Langkah ini digunakan untuk menentukan bahan-bahan dan sumber daya apa saja yang diperlukan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Bentuk sumber daya dan bahan yang diperlukan dapat berupa yang berbentuk maupun tidak berbentuk.
Coherbs Herbal Drink
Salah satu Key Resources yang dimiliki oleh Coherbs Herbal Drink adalah pegawai yang berkompetensi tinggi baik dalam pembuatan produk, pemasaran produk, maupun penjualan produk.
9. Menentukan Key Partnerships
Langkah ini digunakan untuk menentukan partner kerja sama yang bersifat menguntungkan kedua belah pihak agar dapat mencapai hasil yang optimal.
Coherbs Herbal Drink
Salah satu Key Partnership dari Coherbs Herbal Drink adalah pemasok bahan baku pembuatan produk minuman herbal Coherbs Herbal Drink. Dengan menggunakan pemasok tersebut, Coherbs Herbal Drink dapat mengurangi biaya produksi dari minuman tersebut.
10. Memperkirakan Cost Structure
Cost structure ini dikenal sebagai suatu alat pengendali biaya produksi, yang mana bertujuan untuk bisa memperoleh perencanaan dan juga pengambilan keputusan pada suatu perusahaan.Untuk itu, analisa akan cost structure bisa kita bagi menjadi dua jenis, yaitu biaya variabel, dan biaya tetap. Sehingga, cost structure nantinya akan memberikan dampak yang baik bagi kuantitas produksi barang.Cost structure akan mengacu pada
beberapa jenis biaya yang sudah dikeluarkan oleh suatu perusahaan, yang mana umumnya mencakup biaya tetap dan juga biaya variabel. Sederhananya, biaya variabel adalah biaya yang mengalami perubahan seiring dengan tingkat perubahan produksi.
Coherbs Herbal Drink
Cost Structure yang sudah diperkirakan oleh Coherbs Herbal Drink adalah seperti pembelian stock bahan baku pembuatan produk, anggaran pemasaran, pencarian partner kerja sama berupa supplier bahan baku, dan lainnya.
Penutup
Jika kita memakai metode BMC ini, pada sisi kanan kanvas berfokus pada pelanggan atau pasar yakni faktor eksternal yang tidak kita kendalikan,sedangkan sisi kiri kanvas berfokus pada bisnis yakni faktor internal yang sebagian besar berada di bawah kendali kita. Di tengah, kita mendapatkan proposisi nilai yang mewakili pertukaran nilai antara bisnis dan pelanggan kita. BMC digunakan untuk menyusun bisnis bagi para wirausahawan agar bisnisnya dapat terorganisir dengan baik.
Dalam Berwirausaha,tentunya harus membutuhkan tekad, niat, keberanian dan yakin. Menentukan apa yang akan diwirausahakan merupakan langkah yang baik untuk memulai berwirausaha, menentukan pasar mana yang akan menjadi tujuan dari wirausaha yang didirikan, serta banyak mengikuti pelatihan apapun itu untuk menambah wawasan mengenai wirausaha.Sebaiknya rencanakan dengan matang apa yang akan diwirausahakan dan cari solusi atas resiko yang mungkin akan terjadi dimasa mendatang dari usaha yang didirikan .