Categories
Uncategorized

Lean Canvas

Lean Canvas adalah metode rencana bisnis satu halaman yang dibuat oleh Ash Maurya, yang diadaptasi dari Business Model Canvas oleh Alexander Osterwalder.

Lean Canvas meliputi 9 komponen-komponen berikut ini, yaitu:
1. Problem
Setiap segmen pelanggan memiliki sebuah masalah yang harus dapat terpecahi melalui produk atau jasa yang akan dijual.
2. Customer Segments
Karakteristik-karakteristik calon pelanggan dibagi menjadi kelompok-kelompok atau segmen agar dapat memasarkan produk atau jasa dengan lebih efektif
3. Unique Value Propositions

Nilai-nilai unik yang dimiliki sebuah produk atau usaha ditonjolkan ke calon pelanggan
4. Solution

Hal-hal atau cara-cara produk yang dijual dapat membantu meringankan atau mengatasi masalah calon pelanggan
5. Channels

Cara-cara serta jalur bagaimana pelanggan dapat menemukan produk yang dijual
6. Revenue Streams

Strategi menentukan harga dari sebuah produk atau jasa yang ditawarkan, serta rincikan bagaimana produk atau jasa tersebut dapat menghasilkan profit
7. Cost Structure

List atau rincian dari biaya-biaya yang diperlukan untuk memasarkan produk atau jasa
8. Key Metrics

Key Metrics digunakan untuk menghitung apa yang diperlukan agar bisnis dapat sukses
9. Unfair Advantage

Hal-hal yang dapat memberikan keuntungan atau kelebihan dibandingkan dengan pesaing-pesaing lain

Untuk ide bisnis yang saya miliki, berikut adalah Lean Canvasnya:

LEAN CANVAS

Problem

Rasa makanan sejenis yang terlalu umum dan tidak adanya variasi

Susah untuk mencari makanan yang enak serta terjangkau

Solution

Varian-varian rasa baru akan dikeluarkan

Harga jual produk tergolong murah

Unique Value Proposition

Rasa yang unik serta harga yang tergolong murah dapat membuat pelanggan lebih tertarik membeli produk

Customer Segments

Remaja Sekolah

Remaja Mahasiswa

Penggemar kuliner unik

Key Metrics

Target yang harus dicapai adalah produk dapat menjadi bahan perbincangan remaja-remaja

Mencapai target penjualan bulanan yang telah ditentukan

Channels

Promosi akan dilakukan melalui sosial media seperti Instagram atau Facebook

Cost Structure

Biaya bahan pokok

Biaya sewa tempat

Biaya promosi (Endorse)

Biaya pengoperasian

Revenue Streams

Karena produk ini dijual dengan harga yang tergolong murah, produk ini akan dijual bersamaan dengan produk-produk lain agar dapat memaksimalkan profit.